Ar-Ra'ad (11)

" Sesungguhnya Allah Tidak akan merubah nasib Suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah nasipnya"

Kamis, 14 April 2011

Einstein bukan Penemu E=mc2 August 30, 2009

you can mike it...

Persamaan matematis yang membuka era atom telah ditemukan oleh seseorang tak dikenal dua tahun sebelum Albert Einstein mempublikasikan teori relativitasnya.
Menurut Profesor Umberto Bartocci dari universitas Perugia, Olinto De Pretto, seorang Industralis dari Vicenza, telah mempublikasikan persamaan E=mc2 dalam sebuah majalah ilmiah Atte tahun 1903.
Masih menurut Profesor Bartocci, Einstein pasti menggunakan hasil kerja De Pretto di makalah-makalahnya tahun 1905, meskipun De Pretto tidak pernah memprotesnya.
Ada kesalahan dalam persamaan De Pretto, bukan teori relativitas, ketika memahami ether di jagad raya. Sehingga persamaannya dipublikasikan lagi tahun 1904 oleh Veneto Royal Science Institute,  namun tetap saja persamaan-persamaannya sulit dipahami.
Seorang Swiss berkebangsaan Italia Michele Besso telah memperingatkan tentang adanya kajian Einstein itu dan tahun 1905 Einstein mempublikasikan hasilnya. Dibutuhkan bertahun-tahun untuk memahami dengan baik penemuan itu. Ketika dolar mengalir ke kantung Einstein, orang melupakan jasa De Pretto yang mengantarkan Einstein menjadi ilmuwan terkenal. De Pretto meninggal tahun 1921.
De Pretto bukanlah penemu hukum relativitas namun tidak diragukan dialah orang pertama yang menggunakan persamaan relativitas. Ini merupakan hal penting ujar Profesor Bartocci yang meyakini Einstein menjiplak hasil karya De Pretto.
http://www.guardian.co.uk/world/1999/nov/11/rorycarroll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih..